Thursday, April 29, 2010

Lena..

Malam ini saya baru saja berbincang-bincang dengan teman akrab saya yang memang bagi saya, dialah orang yang paling ngerti dan yang paling bijak untuk mengatasi segala macam persoalan.. Sebut saja dia sabren. Malam ini saya mendapat banyak hal baik dari dia.. Thanks a lot, Sabren my fren! Hehee.. 
Saya bercerita dan berkeluh kesah tentang semua kegalauan, kekesalan dan semua kondisi yang menyebalkan yang sedang terjadi sama saya saat ini. Tiba-tiba dia menginformasikan pada saya bahwa arti nama saya, Lena dalam bahasa Ibrani adalah Ilustration.. Saya terdiam dan berpikir.. apa arti ilustrasi? dan begitu saya selesai bertelfon dengan beliau, saya langsung membuka Wikipedia dan mencari tau apa arti Ilustrasi. Hasilnya adalah..

Ilustrasi adalah hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan teknik drawing, lukisan, fotografi, atau teknik seni rupa lainnya yang lebih menekankan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Tujuan ilustrasi adalah untuk menerangkan atau menghiasi suatu cerita, tulisan, puisi, atau informasi tertulis lainnya. Diharapkan dengan bantuan visual, tulisan tersebut lebih mudah dicerna.

Fungsi khusus ilustrasi antara lain:
  • Memberikan bayangan setiap karakter di dalam cerita
  • Memberikan bayangan bentuk alat-alat yang digunakan di dalam tulisan ilmiah
  • Memberikan bayangan langkah kerja
  • Mengkomunikasikan cerita.
  • Menghubungkan tulisan dengan kreativitas dan individualitas manusia.
  • Memberikan humor-humor tertentu untuk mengurangi rasa bosan.
  • Dapat menerangkan konsep
Dan tentu saja, setelah membaca itu saya langsung mencoba untuk menghubung-hubungkan makna itu kedalam kehidupan dan semua masalah saya saat ini. Ilustrasi lebih banyak mengambil peran sebagai pencerita, penggambar dan penerang sesuatu.. Saya memang orangnya suka bercerita dan saya juga suka untuk mendengar cerita.. Apalgi kalo itu adalah sebuah cerita yang mengandaikan atau cerita pengibaratan, saya pasti akan cepat menangkapnya dan merangkai cerita itu menjadi cerita yang lebih panjang lagi atau mungkin cerita yang berlawanan dengan itu. Dan sering juga ketika saya bercerita, saya suka memulai cerita itu dengan sebuah ilustrasi lalu melanjutkan itu menjelaskan cerita tersebut dengan poin yang saya maksud. Memang saya adalah nama saya.. Hahahaaa.. 
Arti nama saya itu membuat saya menjadi semakin bangga dengan orangtua saya, yang dengan kesederhanaannya, kesederhanan pikiran mereka dan itu ternyata membuahkan hasil yang luar biasa besar dan memberi banyak hikmah.. Mereka mendidik saya untuk belajar dan terus belajar, walau kadang memang saya tidak belajar atau saya sering lupa dengan sebuah pembelajaran.. Maafkan saya..
Ada kalanya bahkan sering, saya menjadi terlalu emosi, marah dan saya melupakan semua hal, saya menyakiti perasaan orang dan tidak mempedulikannya.. Saya sering juga melampiaskan kekesalan saya pada suatu hal hingga juga itu menyakiti perasaan orang.. Saya lupa untuk belajar..

Jadi setelah perbincangan saya dengan sahabat saya, Sabren.. Dan juga kaitannya dengan nama saya, saat ini, malam ini.. saya menjadi sadar tentang apa yang sedang terjadi sama dengan diri saya. Bahwa saya sudah terlalu sering berlaku egois, tidak peduli dan menyakiti perasaan orang dengan semua pikiran dan kata-kata saya. Apalagi saya merasa juga sering mengambil keputusan dengan kondisi emosi dan itu membuat saya menyesal karena telah menyakiti perasaan orang. Saya menyesal. Saya minta maaf.. Maaf kepada semua teman-teman saya. Dan khususnya,  malam ini untuk kekasih saya, saya minta maaf.. Saya janji untuk selalu belajar..
 

No comments:

Post a Comment

comment