Thursday, June 30, 2016

Memilih KPR Bank

Hi teman-teman, 

Saya mau share tentang lika liku perjalanan saya dalam mencari bank yang tepat untuk proses KPR. 

Kalo dari pengalaman sih ya, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan hingga akhirnya memutuskan untuk memilih suatu bank, yaitu :

  • Jangan cepat tergiur dengan slogan DP yang kecil. Karena sebenarnya sih sama aja ya berapa harga rumah plus bunga / margin dari bank, yah segitulah utang yang harus dibayar sama kita. Jadi sih ya, kalo saya hitung-hitung, lebih baik maksimalkan angka DP, supaya utangnya ga besar. Karena kalo DP kecil, yang untung bakal gede itu yah banknya.. Coba hitung aja deh, misal harga rumah 500 juta, tapi kita bayar DP cuma 50juta. Jadi utang kita 450 juta kan.. nah utang itulah yang dibungain atau dimarginin (istilah bank syariah ya) sama bank. Jadi kalo saya fokus sama berapa harga total rumah akhirnya setelah ditambah dengan bunga / margin dari bank. Nah itulah patokannya untuk bisa dipertimbangkan. 
  • Sama seperti point yang diatas, yaitu utamakan untuk menghitung total harga rumah dengan menjumlahkan DP + pinjaman bank + bunga / margin bank. Kalo bisa sih ya malah, tenor KPRnya diperkecil.. Soalnya kan semakin lama bunga/ marginnya semakin besar.. Tapi itu semua sih harus dihitung dengan cermat sesuai dengan kemampuan kita ya. 
  • Setelah dapat total harga rumah, coba tanya deh sama orang banknya, ada keringanan ga untuk biaya KPRnya. Misal free biaya provisi, BPHTB atau diskon di asuransi. Kebetulan sih ya, waktu saya ambil KPR, saya dapat banyak diskon. Hehhee.. Ohya, saya ambil KPR di Bank BNI Syariah. Pas saya ambil, lagi ada promo free biaya provisi dan appraisal. Tapi walaupun lagi promo ya.. namanya juga ibu-ibu ya, selaku menteri keuangan, masih minta diskon lagi dong.. Akhirnya saya dikasi diskon lagi buat biaya Asuransi Jiwanya. Lumayan bisa menghemat 2-jutaan.. Biaya administrasi KPR itu soalnya kalo ditotal total plus pajak apalagi ya,, lumayan boo!! Makanya seneng banget deh begitu dapat diskon sana-sini..  Pokoknya setelah ditotal, kira-kira saya habis sekitar 3% dari harga rumah untuk semua biaya KPR dan pajaknya. Hidup tawar-menawar!
  • Cari bank yang CP (contact personnya komunikatif. Ini sih pengalaman kemarin ya, CP saya kemarin agak susah dan lama untuk kasi info. Ditelpon ga balas, di whatsapp, baru besok dibalas, itupun sepenggal-penggal.. Hmmm.. Gemes banget sama mbak-mbaknya.. Untung aja bapak developer rumah mau bantu untuk soal komunikasi sama bank. Saya lebih cepet dapat info dari dia daripada sama bank. Tapi soal CP ini, yahh point yang kesekian lah, gpp juga agak susah komunikatif, yah tinggal kitanya aja yang terus ngejar ngingetin kan. Yang penting klo bunga /margin sudah masuk ke hitungan kita dan cocok, sudah cukup kok.. 
  • Pilih bank Konvensional / Syariah..? ini memang pilihan yang lumayan panjang ya.. Harus dihitung dulu semuanya. Saya sih suka syariah karena setelah saya hitung dengan perbandingan sama bank yang konvensional memang lebih rendah jadinya. Saya buat perbandingan pinjaman dengan tenor yang sama antara bank konvensional dan syariah, sampe pake excel lhoo.. ternyata total harga rumahnya memang lebih rendah syariah. Plus ada free di biaya admin-adminnya. Ohya, selain itu juga karena pertimbangan cicilan tetap disetiap bulannya itu yang bikin saya akhirnya memutuskan untuk ambil syariah. Jadi pasti akan memudahkan kita untuk buat perencanaan keuangan di setiap bulan dan tahunnya. Jadi akhirnya saya dan suami memutuskan untuk ketok palu ambil di bank syariah. 
Kurang lebih itu sih ya kalo dari pengalaman saya dalam mencari KPR yang terbaik buat diambil. Tapi pasti info ini masih banyak yang kurang, jadi silahkan dilanjut guglingnya yaa.. Saya doain semoga kamu yang lagi cari rumah, bisa terus dilancarkan semua prosesnya. Amiin!

1 comment:

  1. Strange "water hack" burns 2lbs overnight

    Over 160,000 women and men are using a easy and secret "water hack" to lose 1-2 lbs each night in their sleep.

    It's very easy and works with anybody.

    Here's how you can do it yourself:

    1) Go grab a drinking glass and fill it half full

    2) And now follow this strange hack

    and become 1-2 lbs skinnier in the morning!

    ReplyDelete

comment