Saturday, October 22, 2011

Into the wild




Comes the morning, When I can feel
That there's nothing left to be concealed
Moving on a scene surreal
No, my heart will never, Will never be far from here


Sure as I am breathing, Sure as I'm sad
I'll keep this wisdom in my flesh
I leave here believing more than I had
And there's a reason I'll be
A reason I'll be back


As I walk, The Hemisphere
Got my wish, To up and disappear


I been wounded, I been healed
Now for landing I been, Landing I been cleared


Sure as I'm leaving, Sure as I'm sad
I'll keep this wisdom, In my flesh


I leave here believing, More than I had
This Love has got, No Ceiling
- No ceiling - Eddie Vedder - 

Saya dapat lagu ini dari teman, kira2 3 thn yang lalu di bandung. "Ni lagu bagus len.. lu dengerin deh!"
saya simpan lagu itu di ipod, dan saya belum pernah denger itu hingga saya kemarin di jerman. Pengalaman pertama terbang ke eropa dan sendiri. Dan entah kenapa mulai dari di pesawat, saya keluarkan ipod dan saya bikin mode shuffle. Dan keluarlah lagu itu.. Wow keren juga ni lagu. Lalu saya coba dengarkan lagu yang lain dalam satu album itu. Dan ternyata satu album itu terus saya putar selama perjalanan saya kesana dan selama saya disana. Saya ga tau apa nama albumnya, tapi entah kenapa saya ngerasa satu album itu, semua lagunya keren banget! Musiknya tenang, suara eddie vedder yang magic, dan apalagi liriknya banyak menceritakan tentang travelling dan kata-kata bijak yang didapat selama perjalanan tersebut. Dan itu sama dengan keadaan saya waktu itu, sedang travelling dan sendiri. 

Di pesawat, kereta, stasiun lagu itu sealbum terus ada di kuping saya. Saat saya diomelin sama kondektur kereta ( gitu ya namanya?) karena salah stasiun, lagu itu terus nemenin saya, hingga di taxi saya pulang ke rumah. Eddie vedder.  

Dan hari ini, seperti biasa, bangun tidur saya langsung menyalakan laptop saya dan itunes.. Dan mode shuffle, dan lagu itu terdengar lagi. Lalu saya berpikir untuk mengisi info album, saya browsing.. Keluarlah Into The Wild - Eddie Vedder album! Haaa??? Album ini ternyata OST film Into The wild!

Saya belum pernah nonton film ini, saya cuma pernah baca bukunya aja, Into the wild - Jon Krakauer (bener ga ya nulisnya..?). Saya baca itu thn 2009an..  Ga nonton karena ketinggalan bioskop.. :D
Tapi saya suka buku itu, bicara tentang kisah nyata seorang lelaki lulus kuliah, kabur dari rumah, buang semua uangnya dan travelling ke alaska! Saya suka bukan karena kisah esentriknya, kaya gitu mah banyak.. Orang-orang yang cuma pengen tampil eksentrik ajaa.. biar sensasional gethooww lhoooo.. ! Bahhh.. capeee deh..
Saya suka buku itu karena pelajaran-pelajaran yang dia dapat selama travelling. Dan itu yang keren! Kalo kabur dari rumah, ga mau kerja mah banyak yang kaya gitu.. Saya juga gitu, malah sebelum baca buku itu lagi.. hehehe.. Tapi saya ga kabur dari rumah ya.. kabur dari kosan tepatnya! Tapi bukan biar sensasional ya.. tapi karena saya malas kerja.. saya akui.. 
Lulus kuliah, kabur dari kos dan travelling setahun di dusun terpencil, hidup bersama petani-petani kecil dengan rumah tepas bambu. Itu saya lakukan karena lulus kuliah saya belum mau kerja, merasa masih belum cukup ilmu yang didapat dari kampus, masih mau jalan-jalan dan belajar. 

Ga nyangka saya, ternyata lagu yang saya dengar adalah OST film Into The Wild.. !
Pantesaannn..  saya ngerasa cocok banget buat nemenin perjalanan disana.. 

Ngomong2 tentang buku Into The Wild, saya inget beberapa kata-kata yang keren disitu.. 
- yang paling penting dari menjalani hidup adalah bukan menjadi orang kuat, tapi tentang bagaimana menguatkan diri. 
Menguatkan diri, mengetahui kemampuan diri, menghadapi ketidaktauan, kebuntuan, tanpa bantuan dari mana-mana, karena sendiri.  Hanya punya tangan dan kepala kita sendiri. 
- Menjadi orang yang mengikuti apa kata hatinya, mungkin itu akan bentrok dengan kenyamanan diri.. tapi dengan pengalaman yang kita dapat dari perjalanan hati,  akan memberi kita semangat yang kuat dalam menjalani hidup. Matahari yang baru, hidup yang baru dan warna baru dan pasti pengalaman baru.
- Dari pengalaman itu, pasti ada kesalahan. Dan karena kita sendiri berpetualang, maka kita belajar untuk memaafkan kesalahan kita dan BELAJAR dari kesalahan itu. Learn to accept my errors, however great they be..

Hmm.. Menjadi traveller memang sendiri dan selalu bersama dengan orang baru. Berjumpa dan berpisah, sambil terus menguatkan hati dan berjalan. 
Tapi traveller bagi saya bukan hanya tentang seseorang yang berjalan dengan koper atau ransel kemana-mana dan berpindah tempat. Traveller itu adalah semua orang dengan hidupnya masing-masing. Toh hidup ini adalah sebuah perjalanan kan.. Setiap hari pasti ada masalah. Ada cerita baru, dealing baru, entah itu dengan orang lain atau diri sendiri. 24 jam berjalan dan besoknya hari baru. 
.....

Life is not easy, right? Take it in simple ways or in complicated ways? 
Well.. It's a choice. Life is a choice. Pilihan, terima dan tanggungjawab. 

Saya pengen membuat itu simple, yaitu berbahagia. Memilih dengan bahagia., menjalani dengan bahagia, menerima kesalahan dengan bahagia kelegaan karena telah mengakui.. dan bahagia karena telah bersedia bertanggungjawab dengan semua pilihan, baik atau salah.
Ketawa-ketawa ajalah kita sambil dengerin musik..
Hehehee.. 
Peace and love u, friends..!

1 comment:

  1. buku yg judulnya INTO THE WILD
    gw pgn banget beli dimana yaa skg yg jual?
    ato ada yg punya gw pinjem bentar bwt fotocopy T-T.
    hub : 083879885209

    ReplyDelete

comment