Saturday, October 8, 2011

Indonesia..??

Hi!
Selama beberapa bulan ini, entah kenapa saya lagi banyak banget berpikir tentang negara Indonesia ini.. Berat banget ya pikirannnya! Kaya presiden aja.. Hehehee..
Saya berpikir ini karena saya lagi benci-bencinya sama semua yang sedang terjadi sama Indonesia. Berita korupsi, berita bom, berita kemacetan, banjir, macet, kecelakaan pesawat, delay pesawat.. Ga ada yang beres sepertinya semua disini.. Itu masih dari berita ya.. Belum dari pengalaman yang saya dapat. Selama 2 bulan ini, saya banyak menjalani perjalanan luar kota. Kalo dihitung, saya hanya menghabiskan 9 hari tidur dikamar kosan saya di Jogja.
Jadi selama perjalanan luar kota saya, mayoritas semua jadwal entah itu pesawat, kereta dan bis.. delayed. Telat. Tidak sesuai dengan jadwal. 
Jadwal delay adalah masalah besar buat saya. Kenapa..? Karena itu membuat jadwal kedatangan saya mundur, yang artinya itu mengurangi lamanya waktu saya berada di tempat yang dituju. Saya sudah tepat waktu untuk datang, saya bela-belain bangun subuh-subuh supaya tidak telat.. Tapi ternyata jadwal diundur.. Dan karena saya tepat waktu datangnya, akhirnya saya harus menunggu di tempat itu dan tidak bisa kemana-mana. Saya harus menunggu di airport (yang seharusnya saya masih bisa ngopi santai di kamar), menunggu di stasiun kereta (yang seharusnya saya masih bisa tidur) dan yang menyebalkan saya harus duduk diam didalam gate pesawat airport (dimana seharusnya saya masih bisa jalan-jalan belanja di airport!). Rasanya seperti terkunci, diam dan hanya diharuskan untuk menunggu dengan pasrah. Dan karena intensitas travelling saya cukup tinggi, jadi semua jadwal delayed itu menumpuk dirutinitas saya dan membuat saya ingin memuntahkan ini semua kedalam satu nama : Indonesia! 
Kalo bicara Indonesia, jadwal delay itu adalah satu hal yang biasa. Pacar saya bilang, sabar aja.. memang begini indonesia itu.. Dan itu bikin saya bingung, saya kan orang indonesia, tapi saya kok ga bisa terbiasa dan sabar..?? Saat menunggu jadwal yang delay, biasanya kerjaan saya adalah memperhatikan orang-orang yang ada disekitar dan yang terkena delay itu juga.. wajah mereka kebanyakan biasa aj, ngobrol, tertawa-tawa. Mungkin karena mereka kebanyakan ada temen kali ya.. sementara setiap perjalanan, saya selalu sendiri.. 
Kesimpulan saya adalah budaya telat dan tidak tepat waktu sudah menjadi hal yang biasa disini. Dan karena tidak ada yang bisa dilakukan jadi sabar aj. 
Mungkin kalo dibandingin sama negara lain, sifat sabar orang indonesia lebih tinggi kali ya dibanding orang negara lain. 
Kembali ke soal indonesia, kemarin saya sempat mengunjungi German dan saya salut dengan negara itu. Bersih, semua serba berteknologi, jadi mengurangi human error pastinya dan akhirnya semua kebanyakan tepat waktu dan mudah. Keren.. Tapi hanya satu yang bikin saya pengen cepet2 pulang.. makanannya.. Semua tawar dilidah saya. Saya kehilangan 2 kg selama seminggu disana. Cepet banget ya..! Padahal kalo saya ngegym disini, 2 kg itu harus sebulan lebih kayanya..
Dan karena itulah saya pengen cepet-cepet pulang.. Saya kangen sama indonesia, negara saya yang punya makanan yang enak-enak..
dan sekarang saya sudah pulang lagi, saya banyak makan, setiap menit bawaan saya mau makan terus.. dan akhirnya bukan hanya mengembalikan 2 kg berat badan, tapi lebih dari itu! :(
Apakah cuma makanan yang bikin saya cinta dengan Indonesia ini?
Mungkin kali ya.. dan itulah yang terus terusan saya pikirkan selama berbulan-bulan ini. 


Ada lagi, pagi ini saya ngobrol sm seorang teman, kami membicarakan tentang ini. Dari semua carut-marut ekonomi, politik semua sisi khususnya persoalan transportasi dan budaya sabar itu.. Akhirnya terlintaslah dipikiran saya, bahwa orang indonesia itu punya survival resistance yang sangat tinggi dibanding orang dinegara lain. Atau bahasanya : Tahan Banting! Bisa dan terbiasa hidup susah apalagi dengan value kita : Sabar.. Lengkaplah hidup ini.. 
Lucu banget ini buat saya. Kehebatan yang ironis..
Hehehee.. Tapi yah itulah cara untuk bisa menjalani kehidupan disini. Bertahan, cari cara dan sabar. Tapi sialnya, cara bertahan itu minim dengan kebenaran. Kita kehilangan nilai-nilai tentang apa yang benar dan apa yang salah. Itu semua seperti : ya sudahlah, memang begini keadaannya.. Jadi cari cara gimana supaya bisa bertahan. Bagaimana dengan kata : Berubah?? Sering kali kata berubah itu dihambat dengan kata Sabar..
Oaalaaah.. pusing saya.. Saya yakin, para pejabat indonesia juga pusing kaya saya. Makanya mereka memilih untuk korupsi.. cara lain untuk bertahan. Kampretoo!!
Saya tidak, kalo gitu, saya memilih untuk tetap menggerutu saja deh.. setidaknya saya bisa memelihara tahap awal dari perubahan positif, membenci kesalahan. 
Saya benci transportasi yang selalu telat, saya benci macet, saya benci banjir, saya benci semua pelaku bom, saya benci korupsi! Oh ya, saya benci alay!! Enyahlah kalian semua dari bumi ini..
Saya tidak terbiasa dengan semua itu, walaupun sudah biasa dinegara ini!!*$?#*?!!

No comments:

Post a Comment

comment