Saturday, September 18, 2010

Kasih

Pembakaran Alquran yang sebelumnya akan dilakukan oleh pendeta dari Florida Terry Jones, pada peringatan tragedi 11 September, urung dilaksanakan karena mendapatkan kecaman dari berbagai pihak. Namun ternyata oleh pendeta Bob Old dan Danny Allen. Mereka membakar Alquran di halaman belakang sebuah rumah di Springfileld, Amerika Serikat... 

Kejadian seperti ni terulang-ulang terus.. kenapa harus ada pertengkaran tentang Tuhan dan agama? Bukankah kita diciptakan oleh satu sosok, Yang Maha Kuasa dan Dia mengajarkan kita tentang satu hal yang paling utama, yaitu kasih. Omong kosong ketika kita mengasihi Tuhan tapi kita saling berperang satu sama lain dengan sesama. Wujud kasih kepada Tuhan dinyatakan dalam bentuk kasih kepada ciptaannya, kepada sesama. 
Entah kenapa saya selalu merasa sesak ketika mendengar ada berita tentang permusuhan, peperangan, saling menghina agama, melukai manusia demi membela agama?? Dan entah kenapa, saya selalu marah ketika mendengarnya sikap pembedaan, diskriminasi yang seperti ini..
Pertanyaannya adalah seperti apa dia memaknai agamanya..?
Agama hadir bukan untuk menjadi alat eksistensi diri manusia untuk memisahkan diri dengan manusia lainnya! Agama mengajarkan kasih. Karena agama diciptakan untuk menyembah Tuhan yang penuh dengan kasih.. 
Kasih itu tanpa syarat, teman.. Itu ajaran-Nya. Karena itu kasihi sesamamu tanpa syarat, tanpa melihat agamanya, tanpa melihat kepercayaannya, tanpa melihat perbuatannya. Dan kekuatan itu semua terletak dalam hati. 
Saya percaya setiap manusia bertanggungjawab untuk dirinya sendiri, atas perbuatannya, sikap, niatnya sendiri. Peran kita sebagai manusia adalah untuk menyebarkan kasih ke manusia lewat perbuatan kita. 

Tulisan ini jadi bikin  saya merasa seperti kaya ustad, pendeta atau manusia suci jadinya..  heheee.. biar aja.. Saya ga ada maksud untuk berteori atau mengajari sesuatu disini, saya cuma ga tahan untuk menulis tentang ini ke blog, karena ini issu yang paling mengganggu pikiran saya selama ini..
Bagi saya hidup dalam keberagaman adalah indah, karena keberagaman itu membuat kita semakin kaya akan pemahaman.. 
Hidup saling menghormati, saling menghargai dan mengasihi satu sama lain tanpa syarat..





No comments:

Post a Comment

comment